Mengenal Apa Itu Integrasi Layanan Primer (ILP)?

Dilihat : 178 Kali, Updated: Kamis, 17 Oktober 2024
Mengenal Apa Itu Integrasi Layanan Primer (ILP)?

Mengenal Apa Itu Integrasi Layanan Primer (ILP)?

ILP ? Klaster 3 ? Klaster 2 ? Pernah mendengan instilah tadi saat anda mengunjungi Puskesmas tau kegiatan elayanan kesehatan didesa ?.
Integrasi layanan primer (ILP) tengah menjadi topik yang sering dibahas. ILP merupakan salah satu dari enam pilar transformasi bidang kesehatan yang sedang di Indonesia. Menurut Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan Kemenko, transformasi layanan kesehatan primer memerlukan perhatian khusus dan investasi besar, dengan fokus pada upaya promotif dan preventif.

Latar belakang perlunya pendekatan ILP adalah karena 12 indikator standar pelayanan minimal (SPM) tahun 2020–2022 belum ada yang memenuhi target 100%. Ini menunjukkan bahwa layanan kesehatan dasar tidak cukup kuat untuk menangani masalah kesehatan. Selanjutnya, urgensi tersebut memunculkan Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 2015 Tahun 2023, mengenai Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer.

Pengertian Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer (ILP)

Integrasi layanan primer menurut Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 2015 Tahun 2023 ILP adalah Sebuah upaya untuk menata dan mengoordinasikan berbagai pelayanan kesehatan primer dengan fokus pada pemenuhan kebutuhan pelayanan kesehatan berdasarkan siklus hidup bagi perseorangan, keluarga dan masyarakat. ILP dilaksanakan sepanjang proses, mulai dari janin, lahir, remaja, dewasa, dan tua.

Siklus Hidup

 

Tujuan Integrasi Pelayanan Primer (ILP)

Integrasi layanan primer bertujuan untuk mendekatkan akses dan pelayanan kesehatan yang bersifat promotif, preventif, kuratif, rehabilitatif, dan/atau paliatif pada setiap fase kehidupan secara komprehensif dan berkualitas bagi masyarakat. Dengan menitikberatkan pada:

3 fokus ILP

Integrasi Pelayanan kesehatan primer dilaksanakan di Puskesmas, jejaring dan jaringan pelayanan kesehatan primer. Sasaran ILP mencakup ibu hamil, persalinan, nifas, bayi dan anak prasekolah, usia sekolah dan remaja, usia dewasa, dan usia tua.

Baca Juga : Mengenal Malaria - Penyebab, Gejala, dan Cara Pencegahannya

Klaster-Klaster Integrasi Pelayanan Primer (ILP) di Puskesmas

Mengorganisir pelayanan kesehatan primer berdasarkan siklus hidup dengan pengelompokan pada 5 klaster, yaitu:

Klaster 1 : Manajemen
Klaster 2 : Ibu dan Anak ( Usia 0-18 tahun)
Klaster 3 : Usia Dewasa (Usia <18 tahun - 59 tahun) dan Lanjut Usia (Usia <59 tahun)
Klaster 4 : Penanggulangan Penyakit Menular
Lintas Klaster

Struktur Organisasi Puskesmas Berdasarkan Pembagian Klaster

Struktur Organisasi Puskesmas Integrasi Layanan Primer
Struktur Organisasi Puskesmas Berdasarkan Pembagian Klaster (Sumber: Petunjuk Teknis Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer)

 

Pada prosesnya, Pelayanan akan diberikan secara komprehensif, meliputi promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif sesuai dengan siklus kehidupan dan masalah Kesehatan yang dialami masyarakat.

 

Sumber : infokes.co.id

 

 

Komentar